Minggu, 26 Mei 2013

PENGALAMAN NAIK KERETA EKONOMI AC MENOREH

 K.A Ekonomi Ac Menoreh merupakan K.A ekonomi Senja Utama (Setau Gw), yang di modifikasi ++AC, Katanya si buat peningkatan kenyamanan penumpang. Tapi tetep aja menurut gw gk nyaman bro!... Berikut pengalaman ane Naik k.a ekonomi ac menoreh jakarta(p.senen)-semarang(s.tawang).
 Bulan januari lalu ane naik ni kereta buat nemuin bokap ane. di tg,mas...Gw berangkat dari rumah gw di bekasi jam 5.30 subuh .. sampe di stasiun senen jam 7 pagi..45 menit sebelum kereta berangkat. karena di jadwal k.a menoreh berangkat dr ps.senen jam 7.45.. (Pas-pasan) gw langsung masuk peron , dan tidak lupa untuk ngasi tunjuk tiket sesuai ktp..gw sih kasih kartu pelajar.. sekitar 7.15 gw naik kereta .. di tiket tertera gerbong 2 tempat duduk gw... Eh walah dah jalan jauh kedepan deket lokomotif ternyata itu gerbong 4??... Wah ngerjain ni namanya...INGET kalo gerbong itu gk berurutan.. jadi bertanyalah kalo anda tidak mau sesat di peron.. ahkirnya pak satpam nunjukin gerbong 2 yg tempatnya ternyata di tengah2????... Pt.KAI dulu pas kecil gk bisa ngitung kali ye?... Sudahlah kita lupakan.. didalam kereta sebelum berangkat banyak penumpang yang kebingungan dalam menemukan nomor kursinya. Jadi kalo dalam kereta, jangan bingung!  pasti banyak ketuker  tempat duduknya..Ahkirnya k.a menoreh pukul 07.45 berangkat on time.. bye-bye Jekarda!!...
 Perlu dikehtahui walaupun kereta ekonomi ini sudah ditambahin AC dan di "KLAIM" menambah kenyamanan..tetap saja tidak nyaman 1.KURSI JOK. yang begitu tegak , kita tidak bisa sender santai melainkan tegak seperti menara. Yang pastiin kita bakal pegel-pegel sampai semarang. Mau gak-mau ane nyewa bantal.. yg bentuknya kotak tipis tapi harganya sih murah 5.000 doang sampe semarang.
2.BANGKU BERHADAPAN di kelas bisnis , bangku nya disusun seperti bus tapi, gk AC itulah strategi bisnis. Namun di K.A Eko Ac Menoreh cukup bersih, ada Cleaning Service yang berkeliling untuk meyapu, mengepel, ambil sampah..sama nyemprot pengharum ruangan.
 Sebelum nya K.a Ekonomi AC hanya Menoreh saja tapi sekarang ada K.a Ekonomi Ac Majapahit yang harga tiketnya lebih mahal. tapi fasilitas sama sih..sesuai sikon aja ...kalo K.a menoreh dari pasar senen langsung jaya dan berhenti di Cirebon prujukan. Enaknya di Menoreh pedagang asongan tidak boleh masuk gerbong. Namun hanya di pintu masuk gerbong.Dan berteriak Tiwul,nya TIWUL!!!.. baru penumpang yang menghampiri...
 Perlu dikehtahui perjalanan jakarta-semarang memakan waktu hampir 7 jam lebih, dan itu membuat lapar kita saat di perjalanan, Tips pertama 1.MEMBAWA MAKAN dr RUMAH. Karena pertama dikereta harga makanan sangat mahal, hampir 3x harga biasa. Waktu itu ane karena udah gk tahan. Ane mesen nasi goreng yang harganya 27.500.. Pas dateng  .. ane kaget, porsinya cuma setengah porsi doang+Telor dadar. itupun kerupuknya habis.. :"Katanya".. dan mau tau rasa nya!!??... Gak ENAK kaya makanan PENJARA .. Nasinya bener-bener KERAS+Dingin telurnya juga.. pokoknya ane saranin jangan pernah beli makanan di kereta.
 Sama satu ni.. menurut gw di kereta kita jangan berisik, karena kebanyakan penumpang tidur selama perjalanan.. jadi , saling menghargai satu sama lain .. begitu..Lama kelamaan waktu udah pukul 1 siang..
kereta tiba di Tegal. Menoreh di Tegal berhenti cukup lama, untuk membiarkan kereta Argo mendahuluinya dan baru melanjutkan perjalanan menuju semarang,. Semakin siang semakin bosen di kereta.. jadi ane berdiri aja di pintu.
 Sambil melihat pemandangan yang belum gw liat sebelumnya.. kereta lewatin cikarang-cikampek nah disitu lu bakal liat sawah yang hijau luas membentang.. serasa di padang rumput. bagus deh pokoknya!!...nah kelebihannya ni kereta , ada pemberitahuan kalo mo berhenti di stasiun apa,, misal stasiun Tegal dan nomor gerbong berupa elektronik di dalam gerbong..
Ahkirnya kereta melaju pelan. Penumpang sudah mulai ngemasin barangnya. Terlihatlah Stasiun SemarangPoncol. St.Poncol hanya untuk kereta ekonomi seperti k.a eko non-ac Gumarang. Tibalah di tujuan ahkir st.tawang.. dan kita disambut oleh ucapan selamat datang. Dan nyanyian jawa. Yang gw gk ngerti... hahahahaaha.. Gitu aja dari gw.. Pokoknya jangan takut naik K.A Ekonomi AC.. Bravoo GBU!!..

3 komentar: